Sabtu, 04 Mei 2013

deskripsi candi borobudur

Candi Borobudur
Merupakan salah satu peninggalan kerajaan syailendra. terletak di desa borobudur, kecamatan borobudur, kabupaten Magelang. Kebanyakan masyarakat pada umumnya mengira bahwa candi borobudur terdapat di daerah yogjakarta karena memang jarak antara kabupaten magelang dan yogyakarta tidaklah terlalu jauh. Candi borobudur merupakan candi budha terbesar sedunia oleh sebab itu candi ini menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia dan di bawah perlindungan unesco. Dalam kawasan candi borobudur terdapat berbagai museum yaitu: museum Karmawibangga, museum Samudra Raksa, dan Muri. Kawasan candi sangatlah luas terbukti dengan adanya sebuah bukit yang dinamakan buki Ndagi. Berbagai fasilitas yang dapat memudahkan pengunjung berkeliling daerah borobudur, misalnya kereta mini, gajah tunggang, dan andong (luar candi). Dalam museum karmawibangga terdapat stupa dan batu-batu asli candi yang sudah tidak dapat diterapkan pada badan candi kemudian disimpan dalam museum tersebut, selain itu terdapat juga foto dimana terjadinya proses penemuan candi dan penggalian situs tersebut. Juga terdapat foto beberapa candi-candi budha yang terdapat dibeberapa negara. 
gambar: halaman depan museum karmawibangga
Terdapat gazebo dan kolam di tengah-tengah museum ini, digazebo tersebut ada sebuah miniatur candi borobudur dan ada berbagai macam gamelan yang dapat dimainkan oleh pengunjung. Dalam museum Samudra Raksa terdapat sebuah kapal besar yang dinamakan samudra raksa.
gambar: kapal samudraraksa
konon kapal ini dibuat sesuai dengan gambar yang tertera pada relief candi borobudur, dalam museum ini juga terdapat berbagai benda yang ditemukan pada laut-laut di sekitar indonesia yang tenggelam bersama kapal-kapal. Dalam muri terdapat benda-benda yang tidak umum, seperti halnya muri dalam museum ini terdapat kuda lumping terbesar, dan masih banyak lagi. Candi borobudur menjadi daya  tarik masyarakat dalam maupun luar negeri, terbukti dari adanya beberapa adegan tv yang mengambil latar belakang candi ini. Untuk saat ini perlu ditanamkan pada generasi penerus bangsa supaya mereka sadar dan mau ikut menjaga kelestarian kekayaan budaya di indonesia. Sehingga masyarakat indonesia masih tetap memiliki salah satu aset yang berharga salah satunya adalah candi Borobudur.